25.8.09

when every men speak different language

hey dunia! marilah mengkhayal bersamaku hari ini.. (gw g tau ini bakalan ampuh apa engga cuman kita coba aja) dengan membaca post ini anda akan masuk ke dalam alam bawah sadar anda.. anda akan membayangkan apa yang saya bayangkan.. anda akan mulai menutup mata anda (eh jangan deh ntar g bisa baca)..

coba skarang kita ada di dunia dmana semua orang bicara dengan bahasa yang berbeda. wew.. gila kan? skarang tuh komunikasi adalah salah satu aspek di hidup yang paling penting, klo komunikasi hilang dengan cara seperti ini gmana? menggenaskan sekali ya..

pernah g denger crita serupa kayak gini? ttg raja yang nyoba untuk nantang Tuhan dengan memanah langit dari dari menaranya.. Tuhan marah dan bikin 1 bangsa itu beda bahasa setiap orangnya. nah jadi kaco kan itu 1 bangsa.

nah gmana klo gini? lo ngomongnya bahasa indonesia, kakak lo inggris, nyokap lo bisanya bahasa prancis, bokap lo makeny bahasa jawa. lo jalan ke pasar mo beli buah jeruk, cuman mas-mas yang jual ngiranya lo sekedar minta sumbangan (apalagi klo muka lo mendukung)

kemaren gw abis pertemuan se yayasan skolah gw se jawa. nah di situ, cuman orang2 jakarta yang g bisa make bahasa jawa. orang2 dsana makenya bahasa jawa mulu ampe males gw. gw kadang ngerasa diomongin. akhirnya gw bilang 1 kalimat "please pake bahasa Indonesia. gw g ngerti lo ngomong apa". smua diem termasuk anak2 jakarta. salah 1 diantara mereka dateng gw dan bilang "maav ya. mulai sekarang kami pake bahasa Indonesia yo"

so the thing is, klo lo g mau mengasingkan dan diasingkan, pakelah bahasa yang semua orang bisa pake, gays. klo lagi di Indonesia lo pakelah bahasa Indonesia. apa gunanya bahasa Indonesia dibikin? biar kita bersatu. klo lagi di dunia international, pakelah bahasa international kayak bahasa inggris. biar orang-orang juga pw deket lo. kata temen gw "how do you suppose me to love you if you don't even speak my language?". menurut gw dia bener. do you?

2 komentar:

  1. ah, cerita yang serupa itu yang ttg pembangunan menara babel bukan? dari Kejadian 11:1-9? yakan yakan? --nadel--

    BalasHapus